Header Ads

Kuliah Kerja Nyata Universitas Budi Luhur Dorong Ekonomi Kreatif dan Penghijauan di Desa Medalsari, Kabupaten Pandeglang

(Kegiatan seminar mengenai pemanfaatan sumber daya desa yang digelar oleh kelompok KKN 20 Universitas Budi Luhur. Foto: Istimewa)

 

The Jakarta Pride - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Budi Luhur, yang digelar pada tanggal 23 Februari di Desa Medalsari, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, merupakan langkah konkret untuk mewujudkan ekonomi kreatif dan penghijauan.

 

Dalam rangka ini, mahasiswa terlibat dalam beberapa kelompok yang melaksanakan sejumlah program kerja. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim 20 KKN Universitas Budi Luhur adalah sosialisasi mengenai pentingnya ekonomi kreatif dan pemanfaatan potensi desa.

 

Program KKN ini bertujuan mendorong kemandirian pangan dalam rumah tangga dengan fokus pada konsep ekonomi kreatif. Undang-Undang No 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif menjadi dasar hukum yang mengatur konsep tersebut. Ekonomi kreatif didefinisikan sebagai peningkatan nilai dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia, berlandaskan warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi. Dengan demikian, konsep ini menggantung pada kreativitas dan ide-ide manusia sebagai pendorong utama dalam kegiatan ekonomi.

 

Nurmala, sebagai ketua KKN kelompok 20 Universitas Budi Luhur, menjelaskan bahwa banyak warga di Desa Medalsari masih kurang paham mengenai pemanfaatan sumber daya desa. Mayoritas hanya memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-sehari.

 

“Dengan adanya seminar ini membantu pola pikir masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya desa untuk di olah dan memiliki nilai jual guna untuk memajukan perekonomian desa medalsari dengan memanfaaatkan sosial media”. Pungkas Mala.

 

Melalui seminar ini, diharapkan masyarakat dapat mengubah pola pikir mereka, memanfaatkan sumber daya desa dengan cara diolah untuk meningkatkan nilai jual, yang pada gilirannya akan memajukan perekonomian desa.

 

Sosialisasi dimulai dengan penjelasan mengenai konsep ekonomi kreatif, pentingnya konsep tersebut, dan bagaimana ibu rumah tangga dapat berperan dalam mengembangkan ekonomi kreatif melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 

Potensi desa sebagai sumber ide berwirausaha juga dihighlight, disertai dengan beberapa contoh usaha bagi ibu rumah tangga. Dalam rangka mendemonstrasikan ide berjualan, peserta sosialisasi diberikan contoh minuman herbal dan makanan rumahan seperti teh bunga talang dan pisang nugget.

 

Partisipasi antusias ibu-ibu selama kegiatan berlangsung menciptakan suasana sosialisasi yang berjalan dengan baik dan diterima dengan positif. Harapannya, KKN Universitas Budi Luhur ini dapat menjadi motivasi bagi warga Desa Medalsari untuk mulai berwirausaha. 


Di era saat ini, pemanfaatan kreativitas dalam menciptakan inovasi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan nilai ekonomi. Oleh karena itu, KKN ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru yang dapat mengikuti perkembangan aktivitas ekonomi dan diterima oleh pasar.


Penulis: Nurmala

Editor: Wildan Adil Hilba

 

Diberdayakan oleh Blogger.