Header Ads

Estuari Mengukir Langkah Baru dengan Merilis Single 'Berjalan Lebih Jauh'

(Estuari Mengukir Langkah Baru dengan Merilis Single 'Berjalan Lebih Jauh': Kisah di Balik Single Terakhir Sebelum Album Pertama/Foto: Siaran Perss)

 

The Jakarta Pride - Duo ekspressionis folk asal Bandung, terdiri dari Riyan Rastian (gitar listrik) dan Annisa Resmana (vokal), kembali menghadirkan karya baru setelah merilis single 'Negeri Para Tuan,' 'Selaras Rasa,' dan 'Dimensi dalam Diam' sepanjang tahun 2023. Kali ini, Estuari merilis karya keempat mereka yang berjudul "Berjalan Lebih Jauh" pada tanggal 17 Desember 2023.

 

Annisa mengungkapkan bahwa karya ini merupakan hasil dari banyak pengalaman menyenangkan selama proses produksi dan membawa cerita unik untuk perjalanan Estuari. "Kami sering membawakan 'Berjalan Lebih Jauh' ini ketika manggung live, dan cukup banyak audiens yang bernyanyi bersama dan sangat menantikan perilisan lagu ini. Mungkin karena tema yang 'familiar' dan sajak monolog di depannya yang mencuri perhatian," ujar Annisa.

 

Sumber inspirasi puisi dan syair "Berjalan Lebih Jauh" datang dari Matrakelana dan Annisa, kemudian mengalami proses rekompisisi serta diberikan monolog responsif oleh Annisa.

 

Sajak ini kemudian menjadi sebuah monolog yang dibacakan di bagian awal. Rian Rastian, yang bertanggung jawab atas komposisi, juga mengekspresikan perasaannya, "Bagi saya, 'Berjalan Lebih Jauh' ini, lebih dari sekadar karya musik. Betul, sebagai pencipta pasti ada perasaan personal yang tercurahkan ketika membuat musiknya. Namun ternyata kelahiran 'Berjalan Lebih Jauh' ini, mampu berperan lebih jauh. Banyak pendengar yang merasa 'ditemani' dan 'tenang'. Saya bersyukur sekali kalau karya-karya Estuari banyak membawa manfaat bagi telinga yang bukan hanya telinga saya saja," jelas Rian.

 

Nuansa instrumentasi dalam karya keempat ini dibangun oleh Rian dan Annisa dengan maksud mempertebal 'tema warna.' Penggunaan glockenspiel, gitar akustik dan elektrik, serta Cello (Fahmizal Arrachman) diatur dengan manis untuk mengamplifikasi syair.

 

Proses mixing dan mastering dibantu oleh Sendythan Ratu. "Berjalan Lebih Jauh" menjadi single terakhir yang dirilis tunggal oleh Estuari, sebelum kemudian mereka merilis album pertama bertajuk 'Dwara Mantik.'


Diberdayakan oleh Blogger.