Header Ads

I2SPE 2023: Menyongsong Keberlanjutan dengan Energiberbasis Digital

(I2SPE adalah inisiatif dari Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) dengan tujuan memperluas wawasan pengadaan secara internasional/Foto:Istimewa)


The Jakarta Pride - Indonesia International Sustainable Procurement Expo 2023, atau I2SPE, adalah salah satu rangkaian acara dari ISPE yang diadakan pada Maret lalu di JIEXPO Kemayoran. I2SPE adalah inisiatif dari Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) dengan tujuan memperluas wawasan pengadaan secara internasional, yang menjadi sumber pengetahuan baru bagi pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia.

 

Acara I2SPE berlangsung pada 30 - 31 Oktober 2023 di The Westin Jakarta dengan tema "Stronger Sustainability with Digital Transformation and Renewable Energy" dan didukung oleh Airmas Group yang mengoperasikan 3 merek, yaitu AyooKlik, CobasStore, serta Atoz Az.

 

Acara ini semakin meriah dengan kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Bapak Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M., selaku Kepala LKPP Indonesia, Bapak Sutardi selaku Ketua Umum AKEN, Bapak Ari Kun Widodo selaku President Director of Airmas Group, Executive Director Philippines Procurement (GPPB-TSO) Mrs. Rowena Candice M. Ruiz, dan Mr. Ahmad Fauzi Sungip selaku Head of Government Procurement Policy Section, Ministry of Finance Malaysia.

 

Mereka bersama-sama melakukan peresmian I2SPE dengan menaruh tangan pada LED saat penghitungan mundur, menandai pembukaan resmi acara ini. Selain itu, dalam rangkaian Opening Ceremony, I2SPE juga memberikan Penghargaan Pengadaan kepada Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI sebagai pengadaan dengan transaksi terbanyak melalui Toko Daring. 


Penghargaan juga diberikan kepada Bapak Husin Ansari dan Ibu Deby Sandra sebagai penggerak Sustainable Procurement. Perwakilan dari beberapa negara seperti Armenia, Kuwait, Cambodia, Filipina, dan Bangladesh juga turut hadir dalam acara ini.

 

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan serangkaian seminar yang dihadiri oleh para ahli dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Antusiasme pengunjung sangat terlihat dalam interaksi dan pertanyaan mereka. I2SPE juga menjadi wadah bagi Indonesia untuk memperkenalkan sistem pengadaan pemerintah di tingkat internasional.

 

Hari kedua I2SPE dipadati pengunjung dari sektor korporat yang tertarik dengan Sosialisasi New Platform E-catalog. Platform ini diharapkan akan meningkatkan belanja Produk Dalam Negeri (PDN), efisiensi belanja negara, mempercepat proses pengadaan barang/jasa, dan meningkatkan transparansi dalam proses pengadaan.

 

Acara ini ditutup dengan seremoni penutupan yang mencakup Mega Doorprize dan penghargaan untuk beberapa booth terbaik dan pemenang dari Startup Summit Program.

 

Jika Anda melewatkan I2SPE tahun ini, jangan khawatir, acara ini akan kembali pada tahun 2024. Tetap pantau informasi lebih lanjut di akun Instagram @ispe.id. Kami berharap bisa bertemu lagi di ISPE dan I2SPE 2024! (***)


Diberdayakan oleh Blogger.