Header Ads

The Beatles Rilis Lagu Terakhir Bertajuk 'Now And Then'

(The Beatles mengumumkan peluncuran lagu terakhir mereka yang diberi judul "Now and Then."/Foto:Istimewa)

 

The Jakarta Pride - Lebih dari setengah abad setelah mereka berpisah, The Beatles mengumumkan peluncuran lagu terakhir mereka yang diberi judul "Now and Then." Lagu ini didasarkan pada rekaman demo tahun 1970 oleh John Lennon dan akhirnya diselesaikan oleh dua anggota The Beatles yang masih hidup, Paul McCartney dan Ringo Starr, tahun lalu.

 

Lagu ini akan dirilis pada tanggal 2 November dan akan menjadi bagian dari rilis ulang album-album The Beatles, yaitu "Red" dan "Blue," yang akan tersedia pada tanggal 10 November.

 

"Now and Then," yang aslinya ditulis oleh John Lennon setelah pembubaran The Beatles pada tahun 1970, merupakan sebuah lagu cinta yang sebelumnya tersebar secara ilegal (bootleg) selama bertahun-tahun. Lagu ini awalnya dikirimkan oleh istri Lennon, Yoko Ono, kepada McCartney tak lama setelah kematian tragis John Lennon di New York pada 8 Desember 1980.

 

Lagu ini awalnya ada dalam sebuah kaset berlabel "For Paul," yang juga berisi versi awal lagu "Free As A Bird" dan "Real Love," yang kemudian dirilis sebagai singel oleh The Beatles pada tahun 1995 dan 1996 sebagai bagian dari proyek Anthology.

 

Saat itu, The Beatles mencoba merekam ulang "Now and Then," tetapi proyek tersebut dibatalkan karena kualitas suara rekaman kaset John yang dianggap sangat buruk oleh personel The Beatles lainnya, termasuk George Harrison.

 

Dalam proses pembuatan ulang lagu ini, teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk mengisolasi vokal Lennon dari kaset asli. Paul McCartney mengungkapkan betapa emosionalnya pengalaman tersebut, dengan mengatakan, "Di sana, terdengar suara John yang jelas. Ini sangat emosional. Kami semua bermain di dalamnya, ini adalah rekaman asli The Beatles."

 

Paul McCartney juga menyatakan bahwa pada tahun 2023, mereka masih terlibat dalam pekerjaan musik The Beatles dan akan merilis lagu baru yang belum pernah didengar oleh publik.

 

Teknologi yang digunakan dalam proses ini sebelumnya digunakan untuk meremaster ulang album The Beatles, "Revolver." Produser Giles Martin menjelaskan bahwa kecerdasan buatan diperlukan untuk memisahkan suara yang tumpang tindih dalam rekaman.

 

Ringo Starr juga mengungkapkan bahwa menyelesaikan lagu ini merupakan pengalaman yang sangat aneh, seolah-olah mereka kembali bertemu dengan mendiang John Lennon. Ia menyatakan, "Kami seperti memiliki John kembali di ruangan. Seakan-akan John ada di sana. Itu luar biasa. Itu adalah hal terdekat yang kami alami setelah bertahun-tahun. Sangat emosional bagi kami semua."

 

Peluncuran "Now And Then" akan diprakarsai oleh sebuah dokumenter tentang pembuatan lagu yang akan tayang perdana pada tanggal 1 November. BBC juga akan meluncurkan podcast berisi enam episode tentang kisah The Beatles, dengan wawancara eksklusif dari Paul McCartney dan Ringo Starr mengenai lagu baru ini.

 

The Beatles, yang mengalami kesuksesan besar pada era 1960-an dan menciptakan fenomena Beatlesmania, memutuskan untuk berpisah pada tahun 1970. Setelah pembubaran tersebut, anggota The Beatles mengejar karier solo mereka masing-masing dan mencapai kesuksesan dalam bidang musik.

 

John Lennon meninggal tragis setelah ditembak oleh seorang penggemar pada tanggal 8 Desember 1980. Sementara itu, George Harrison meninggal karena kanker paru-paru pada tanggal 29 November 2001. Semua anggota The Beatles diakui sebagai anggota Rock and Roll Hall of Fame, baik sebagai bagian dari The Beatles (pada tahun 1988) maupun dalam karier solo mereka. (***)


Diberdayakan oleh Blogger.