Header Ads

Festival Kasih Putih Melanjutkan Warisan Glenn Fredly melalui Musik dan Gerakan Sosial

(Jumpa Pers Festival Kasih Putih/Foto:IST)
 

The Jakarta Pride - Konser ulang tahun ke-20 Bung Glenn Fredly telah menjadi panggung untuk memaparkan nilai-nilai harapan, perjuangan, kasih sayang antar manusia, dan pentingnya berbagi, sebagaimana tercermin dalam lagu "Kasih Harus Dibagi", karya Bung Glenn Fredly dan Yovie Widianto.

 

Mengenang legacy Bung Glenn Fredly, Musik Bagus Indonesia bekerjasama dengan Komisi.co, mewujudkan Festival Kasih Putih sebagai suatu Kekayaan Intelektual (Intellectual Property/IP), dengan misi menggerakkan gerakan sosial melalui musik, talkshow, komedi, pengalaman sosial, instalasi seni, dan wahana permainan.

 

Semua ini bertujuan untuk menyampaikan dan mempromosikan pesan perdamaian serta toleransi, menegaskan bahwa makna cinta sejati hanya ada saat ia dapat dibagikan – sebuah semangat yang telah mewarnai perjalanan Bung Glenn Fredly. Pentingnya tindakan kita hari ini sebagai fondasi masa depan menjadi prinsip yang dipegang teguh.

 

Festival Kasih Putih akan menggelar dua rangkaian acara, pertama adalah roadshow yang menyusuri 3 kota, yakni Jakarta pada 4 November 2023, Solo pada 10 November 2023, dan Ambon pada 18 November 2023, mengawali perjalanan menuju puncaknya, Festival di Jakarta pada Februari 2024.

 

Sebagai bagian dari gerakan sosial, Festival Kasih Putih mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan buku dan pakaian layak pakai. Sumbersumbangan ini akan diberikan kepada yang membutuhkan.

 

Tindakan luar biasa ini tidak hanya akan berdampak positif, tetapi juga memungkinkan partisipan mendapatkan diskon tiket. Berbagai musisi seperti The Bakuucakar, Nona, WIT, Eko Poceratu, Menjadi Manusia, dan grup komedi dari Solo dan Ambon akan ikut serta dalam gerakan sosial ini.

 

Peluang pun terbuka bagi musisi baru tanpa manajer atau label untuk mengajukan karya mereka. Seleksi musisi akan dikurasi oleh IMARINDO, dan rekaman langsung Album Festival Kasih Putih akan dilakukan di Studio Lokananta, Solo, sebagai upaya menghidupkan kembali Lokananta.

 

Festival ini merangkul semua lapisan masyarakat dalam keragaman mereka, dengan dukungan aktif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI), Pemerintah Kota Solo, IMARINDO, Ambon Music Office (AMO), dan Menjadi Manusia.

 

Hal menarik lainnya adalah berbagai aktivitas pengalaman langsung dan permainan, termasuk tembok harapan, LED Live tweet, ruang curhat, dan pembagian bunga mawar putih yang menjadi simbol pesan "Kasih Harus Dibagi". Aksi paling dekat adalah pembagian bunga mawar putih yang akan menyebar di beberapa kota seperti Jakarta, Solo, Ambon, Bandung, dan Surabaya pada 1 Oktober 2023.

 

Gianluigi, CEO Komisi.co, berharap acara ini berjalan lancar dan menghasilkan energi positif bagi para penikmat musik Glenn Fredly dan mereka yang percaya pada kekuatan cinta. Ia menegaskan bahwa ini bukan hanya festival musik semata, tetapi ajakan untuk berbuat baik dan menyebarluaskan cinta dan kasih sayang bagi generasi mendatang.

 

Aldisyah Latuihamallo, CEO Musik Bagus, menegaskan bahwa hadir di festival ini bukan sekadar menjadi penonton, melainkan juga bagian dari gerakan kebaikan, sesuai pesan "Kasih Harus Dibagi".

 

Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, memberi apresiasi dan dukungan penuh pada kolaborasi pemuda yang menyelenggarakan gerakan ini. Selain mengekspresikan cinta pada karya Glenn Fredly, gerakan ini juga harus menyampaikan pesan kuat kepada masyarakat bahwa harapan dan perjuangan untuk kasih sayang antar sesama harus senantiasa dijaga. Ia menyebut gerakan ini sebagai bentuk ketulusan dalam menjunjung kemanusiaan dan kasih sayang sesama.


Diberdayakan oleh Blogger.