Header Ads

Pendiri Band dan Mantan Bassist Eagles Randy Meisner Meninggal Dunia karena Masalah Paru-Paru


 (Randy Meisner Eagles, Foto: Google.com)

The Jakarta Pride - Band Eagles sedang berduka atas kepergian Randy Meisner, salah satu pendiri band yang terkenal dengan lagu "Hotel California" dan pernah menjabat sebagai pemain bass. Kabar duka ini diumumkan melalui situs resmi grup ini, eagles.com, pada Jumat (28/7/2023) waktu Indonesia. Dalam pernyataan tersebut, penyebab kematian Randy Meisner juga diungkapkan.

 

“Dengan penuh duka, The Eagles mengabarkan bahwa pendiri, pemain bass, dan vokalis Randy Meisner berpulang malam kemarin (26 Juli) di Los Angeles pada usia 77 tahun, karena komplikasi Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD),” begitu bunyi pernyataan tersebut.

 

COPD atau penyakit paru obstruktif kronis adalah peradangan pada paru-paru yang berlangsung dalam jangka panjang. Penyakit ini sering terjadi pada perokok aktif maupun pasif dan umumnya disertai gejala kesulitan bernapas, batuk berdahak, dan mengi (bengek).

 

Eagles juga mengenang jasa Randy Meisner dalam membantu kesuksesan band ini. Sebagai salah satu anggota formasi pertama yang merintis genre country-rock, Randy berada di garis depan revolusi musik yang dimulai di Los Angeles pada akhir 1960-an.

 

“Pada tahun 1971, Randy, bersama Glenn Frey, Don Henley, dan Bernie Leadon, membentuk Eagles dan berkontribusi pada album-album band ini seperti Eagles, Desperado, On The Border, One of These Nights, dan Hotel California,” demikian bunyi pernyataan dari Eagles.

 

Randy Meisner juga diakui atas kontribusinya dalam dunia musik dengan dimasukkannya namanya dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1998 bersama Eagles.

 

Namun, Randy meninggalkan Eagles setelah grup tersebut merekam album Hotel California pada tahun 1976. Keputusannya ini didasari oleh kesehatan mentalnya yang memburuk, sehingga ia tidak ingin menjalani tur untuk mempromosikan album tersebut.

 

"Aku bisa melipatgandakan uangku hingga tiga kali lipat kalau aku bertahan. Tapi aku lelah menjalani tur. Gila rasanya menjalani hidup dengan kecepatan dua kali lipat dibanding normalnya," kata dia pada 1981.

 

Meskipun begitu, Randy Meisner sempat berreuni dengan grupnya saat mereka tampil dalam seremoni penobatan Rock & Roll Hall of Fame pada tahun 1998. Ia juga diundang untuk ikut serta dalam tur dunia Eagles pada tahun 2013, namun sayangnya ia tidak dapat mengikuti karena kesehatannya semakin menurun.

 

Dengan berpulangnya Randy Meisner, dunia musik kehilangan salah satu pendiri band legendaris dan pemain bass yang telah memberikan kontribusi besar dalam perjalanan Eagles. Semoga ia mendapatkan ketenangan dan kedamaian di tempat yang abadi.

Diberdayakan oleh Blogger.