Header Ads

Cek Film Kesukaanmu di Daftar Film terlaris tahun 2023

 

     (Antman and the Wasp : Quantumania. Foto: Hotstar.com)


The Jakarta Pride- Tahun 2023 menjadi saksi perubahan dramatis dalam industri film, terutama setelah masa pandemi Covid-19. Salah satu sorotan utamanya adalah film "The Super Mario Bros. Movie" dari Jakarta, yang menjadi satu-satunya film yang berhasil melampaui angka USD 1 miliar di box office global. Fenomena ini menimbulkan perhatian terhadap kurangnya film blockbuster dengan pendapatan kotor miliaran dolar dalam tahun tersebut.


Disney, yang memiliki waralaba Marvel, Star Wars, dan Pixar, juga menghadapi tantangan pada tahun 2023. Film seperti "Ant-Man and the Wasp: Quantumania" dari Marvel gagal menarik penonton di luar penggemar setia pada bulan Februari, dengan pendapatan hanya mencapai USD 214,5 juta di dalam negeri dan di bawah USD 500 juta secara global. Di Disney's Lucasfilm, film "Indiana Jones and the Dial of Destiny" yang tayang pada 30 Juni diperkirakan kesulitan untuk menutup anggaran produksinya yang hampir mencapai USD 300 juta. Hingga saat ini, film tersebut hanya menghasilkan USD 122,1 juta di box office domestik dan USD 221,4 juta secara global.

 

Seluruh situasi ini telah membawa perubahan dalam posisi Disney setelah pandemi dan beberapa perubahan kepemimpinan. Kepala analis BoxOffice.com, Shawn Robbins, mengungkapkan dua faktor besar yang telah membentuk kembali posisi studio tersebut. Selama dekade terakhir, banyak waralaba dan merek terkenal Disney telah mencatat kesuksesan besar, namun di tahun 2023, situasinya menjadi berbeda.


1.   Pengurangan Konten Marvel dan Star Wars

 

 (Marvel Studios : A Universe Of Heroes. Foto: Disney.id)


CEO Disney Bob Iger menyatakan perusahaan akan mengurangi konten Marvel dan Star Wars untuk memotong biaya dan menyegarkan mereknya. Namun, ada beberapa kecerahan bagi Disney, dalam film "Guardians of the Galaxy Vol. 3" yang menjadi rilis domestik terlaris ketiga sepanjang tahun dengan pendapatan sebesar USD 357,5 juta. Namun tidak di ekspektasikan akan menyentuh angka USD 1 miliar.

 

Menariknya, film "Avatar: The Way of Water" dari Disney telah menghasilkan lebih dari USD 1 miliar dalam penjualan tiket global pada 2023, namun karena dirilis pada 2022, film tersebut tidak dihitung sebagai film bernilai miliaran dolar untuk tahun ini.

 

Kondisi pasar film global tahun ini tampak lebih kompetitif, sehingga mencapai klub miliaran dolar menjadi lebih eksklusif. Beberapa judul terkenal dengan merek dan waralaba film terbesar dunia belum mencatat jejak global atau dominasi pasar yang cukup untuk melewati ambang batas USD 1 miliar.

 

Berikut adalah daftar film terlaris secara global pada tahun 2023:

1. "The Super Mario Bros Movie" (Universal) - USD 1,34 miliar

2. "Guardians of the Galaxy Vol. 3" (Disney) - USD 834,2 juta

3. "Fast X" (Universal) - USD 702,8 juta

4. "Full River Red" (Film EDKO) - USD 647,8 juta

5. "Spider-Man: Across the Spider-Verse" (Sony) - USD 643,5 juta

6. "The Wandering Earth 2" (China Film Group Corporation) - USD 585,5 juta

7. "The Little Mermaid" (Disney) - USD 542,9 juta

8. "Ant-Man and the Wasp: Quantumania" (Disney) - USD 471,3 juta

9. "Lost In The Stars" (Alibaba Pictures) - USD 428,5 juta

10. "John Wick: Chapter 4" (Lionsgate) - USD 432,5 juta

 

(*Catatan: Daftar ini tidak mencakup film yang dirilis pada 2022 tetapi masih menghasilkan penjualan tiket pada 2023.)

 

2.   2. Disney Tetap Unggul Secara Domestik

 

 (Disney Hotstar. Foto: Hotstar.com)

Terlepas adanya penurunan, Disney telah menghasilkan lebih banyak penjualan tiket domestik daripada studio lain sepanjang tahun ini.

Hingga Juni, rilis Disney mewakili 30 persen dari seluruh penjualan tiket domestik atau USD 1,3 miliar, menurut data dari Comscore.

Studio ini juga memiliki empat dari 10 film domestik terlaris sepanjang tahun ini.

Film domestik terlaris sejauh ini pada 2023

  1. “The Super Mario Bros. Movie” (Universal) — USD 573,7 juta
  2. “Spider-Man: Across the Spider-Verse” (Sony) — USD 357,6 juta
  3. “Penjaga Galaxy Vol. 3” (Disney) — USD 357,5 juta
  4. “The Little Mermaid” (Disney) - USD 289,2 juta
  5. “Avatar: The Way of Water” (Disney) - USD 283 juta
  6. “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” (Disney) — USD 214,5 juta
  7. “John Wick: Chapter 4” (Lionsgate) — USD 187,1 juta
  8. “Creed III” (MGM) — USD 156,2 juta
  9. “Transformers: Rise of the Beasts” (Paramount) — USD 146,8 juta
  10. “Fast X” (Universal) — USD 145,9 juta

Belum terlihat apakah rilis Disney yang akan datang, seperti “Haunted Mansion”, “The Marvels” atau “Wish”, akan dapat menghasilkan tolak ukur jumlah miliaran dolar, tetapi daftar yang beragam menjadi pertanda baik bagi perusahaan.


Diberdayakan oleh Blogger.