Header Ads

Exposisi Batavia, Festival Yang Akan Melibatkan Seni Kuliner, Musik, dan Arsitektur Akan Terselenggara di Museum Bahari


The Jakarta Pride- Exposisi Batavia adalah sebuah acara yang diusung oleh Senyumuseum sebagai bentuk napak tilas kejayaan kota Batavia (sekarang Jakarta).


Acara ini melibatkan seni kuliner, musik, dan arsitektur. Museum Bahari dipilih sebagai lokasi acara dan akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 17 dan 18 Juni 2023.


Museum Bahari merupakan komplek bangunan khas Belanda yang dulunya digunakan sebagai gudang rempah-rempah milik Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

 

Museum ini dianggap sebagai titik nol dari Batavia dan menampilkan koleksi yang lengkap mengenai sejarah kemaritiman di Indonesia.

 

Exposisi Batavia akan menyajikan beberapa penampilan, antara lain Symphoseum, sebuah festival musik klasik dengan berbagai format, yang akan diadakan di salah satu ruangan bekas penyimpanan rempah dengan lantai kayu asli sejak tahun 1771.

 

Selain itu, Eksposeum akan menghadirkan instalasi seni edukatif yang menggambarkan perkembangan arsitektur dari Hindia Belanda hingga Indonesia modern. Acara ini juga akan meluncurkan buku yang mendokumentasikan karya arsitek ternama Indonesia, alm. Bian Poen.

 

Exposisi Batavia juga akan menghadirkan mockup ruangan museum dengan standar kualitas pameran dan penjenamaan baru sebagai gambaran pengembangan museum pasca acara ini.

 

Acara ini juga akan melibatkan Museum Light Up Special event dengan penampilan Mocca & Andien, menyulap area museum menjadi malam cantik.

 

Dalam Exposisi Batavia, Sisca Soewitomo, seorang nama besar dalam dunia kuliner Indonesia, akan menyajikan racikan terbaiknya dalam Expo Gala. 


Acara ini akan dikemas dalam bentuk full course menu dengan sentuhan gala dinner, sambil menikmati penampilan Tompi. Selain hidangan makan malam, para pengunjung juga akan disambut dengan jamuan cocktail party.

 

Berikutnya Expo Music yang juga akan menampilkan deretan musisi ibukota akan menyajikan karya-karya terbaik mereka di Plaza Spice Garden. 


Pengunjung akan merasakan sensasi pertunjukkan musik yang dipadukan dengan keindahan arsitektur Hindia Belanda. Beberapa musisi ternama seperti NonaRia, Irama Pantai Selatan, Vira Talisa, Deredia, Mondo Gascaro, Tompi, dan lainnya akan meramaikan acara ini.

 

Terakhir, Expo Cerita Kota akan menjadi gerbang utama acara Exposisi Batavia. Area Plaza utama akan dijadikan sebagai pasar UMKM dan area kesenian kebudayaan Batavia yang diwadahi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Jakpreneur. 


Festival ini dikurasi oleh Indonesia Hidden Heritage dan bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan Republik Indonesia.

 

Acara ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman yang kaya dan mendalam bagi pengunjungnya, serta memperkenalkan kembali kejayaan kota Batavia dalam berbagai aspek seni dan budaya kepada masyarakat modern.

 

Harga tiket Exposisi Batavia bervariasi, mulai dari Rp175.000 hingga Rp850.000, dan informasi pembelian tiket dapat dilihat di loket.com.

 

Sebagai informasi, Senyumuseum berperan sebagai entitas konsultan bagi museum dan instansi bersejarah dalam merealisasikan program kreatif dan penjenamaan.

 

Mereka mengaktifkan ruang publik dan memanfaatkan aset potensial untuk menciptakan ekosistem berkelangsungan bagi instansi terkait.


Diberdayakan oleh Blogger.