Header Ads

Estuari Telah Mengeluarkan Single Pertamanya Berjudul 'Negeri Para Tuan'


The Jakarta Pride- Estuari, project music mengusung genre experimental folk asal Bandung ini beranggotakan 3 orang; Rian Rastian (electric guitar), Annisa (vocal) dan Sukma Binar (electric nylon) mengeluarkan single pertamanya berjudul ‘Negeri Para Tuan’ pada bulan April 2023 lalu.

 

Karya musik ini merupakan lagu pertama, sekaligus penanda awal dari serangkaian karya lainnya yang akan dikeluarkan oleh Estuari secara berkala hingga akhir tahun. Lagu bernuansa klasik kontemporer ini melibatkan musisi lain; string section seperti Moch Adi Yudha (violin) dan Fachmi (cello), choir diisi oleh Adinda Rizka dan Hafiz Ry.

 

Bertema tentang kritik sosial, syair lagu ini diadaptasi dari sajak yang ditulis oleh Annisa, ia juga menceritakan bagaimana keadaan sosial di kota besar tertuang di lagu ini.

 

“Unek-unek Saya tentang bagaimana potret sosial di kota-kota besar sedikit banyak tertumpah di sini. Kemudian Rian izin untuk menjadikannya sebuah karya musik.”  Pungkas Annisa dalam keterangan resminya yang diterima tim The Jakarta Pride (05/09/23).

 

Tema besar yang diambil oleh Estuari mengenai sebagian pemuda dan masyarakat yang apatis dengan apa yang terjadi disekitarnya.

 

“Sikap keacuh-tak-acuhan pemuda dan masyarakat sebenarnya menjadi tema besar.”, tambah Annisa.

 

Sajak tersebut kemudian dialih wahanakan oleh Rian Rastian dalam bentuk instrumentasi, tujuannya agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersebar luas.

 

“Agar pesan yang mau dihighlight dari sajak ini, benar-benar teramplifikasi jika bersanding dengan notasi. Saya sengaja menambahkan timpani, cymbal swell dan marimba.” Ujar Rian yang juga mengisi acoustic nylon dan electric guitar.

 

Instrumen gitar di lagu ini didukung oleh KUASSA VST Plugin, dan sebagai sentuhan akhir, Mixing Mastering oleh Sendy thanratu.

 

Estuari berharap bahwa kehadiran mereka dengan ‘Negeri Para Tuan’ bukan hanya sekadar lagu pemanis telinga, tetapi juga karya yang punya efek samping untuk dapat menambah kepekaan siapapun yang mendengarnya, terhadap situasi sosial di Indonesia.

 

Perilisan audio di digital streaming platform dipublikasikan pada tanggal 25 April 2023, mengenai musik video Negeri Para Tuan yang digarap oleh Eggy Resa, video tersebut telah tayang tiga hari setelah perilisan atau pada tanggal 28 April 2023

 

Kritik secara lebih eksplisit akan terlihat di video musik ini. Estuari meramu banyak cuplikan situasi dan atau kondisi riil di ibukota, yang dijahit menjadi sebuah video berdurasi empat menit dan hitam putih.




Diberdayakan oleh Blogger.