Header Ads

Mengungkapkan Masalah Kerisauan, Hindia Lepas Singel "Masalah Masa Depan"

 


The Jakarta Pride- Perjalanan menuju album kedua Hindia berlanjut dengan perilisan single baru "Masalah Masa Depan". Didistribusikan di platform musik digital oleh Sun Eater pada 5 April 2023.

 

"Masalah Masa Depan" adalah album kedua dari After all Life will End, album kedua dari penulis lagu dan musisi asal Jakarta, yang akan dirilis dalam dua bagian pada tanggal 7 April 2023 dan 21 Juli 2023.

 

Digubah oleh Baskara Putra alias Hindia dan diproduseri oleh Enrico Octaviano, "Masalah Masa Depan" sekilas terlihat seperti lagu ringan dengan beat disko.

 

Namun, jika kamu melihatnya lebih dekat, misalnya kalimat “Lawan resesi modalku hanya pas-pasan/Lawan emisi pun aku hanya figuran/Tak cukup penting ‘tuk bikin perubahan/Nasibku tak karuan, tidak digenggam tangan” adalah cerita yang lebih gelap dan pedih daripada ciri khas lirik Baskara dalam berbagai proyeknya baik di Hindia maupun sebagai bagian dari grup kompetisi .Feast and Lomba Sihir.

 

“Lagu ini tentang keputusasaan menghadapi berbagai permasalahan makro yang akan datang, seperti kenaikan harga, degradasi lingkungan dan seterusnya,” katanya. “Jadi ini perihal tekanan yang gue dapatkan secara makro sebagai bagian dari generasi gue dalam melihat dan merespon apa yang sedang terjadi di dunia ini.”

 

Tema inilah yang membuat "Masalah Masa Masa Depan" menjadi pilihan yang tepat untuk singel kedua dari lagi pula hidup akan berakhir, menyusul “Janji Palsu” yang sudah beredar pada 3 Maret lalu.

 

Menurut Hindia, “Setelah ‘Janji Palsu’ banyak merangkum album ini dari sudut pandang personal, ‘Masalah Masa Depan’ cocok karena merangkum album ini dalam berbicara mengenai berbagai hal yang sifatnya lebih umum dan terjadi ke semua orang.”

 

Selain itu, kontras warna musik "Masalah Masa Depan " dengan “Janji Palsu" yang lebih rock menunjukkan bahwa Lagi Pula Hidup Akan Berakhir akan menjadi album elektrik yang penuh dengan kejutan.

 

"Komentar paling umum yang saya dapatkan adalah 'Janji Palsu', yang mirip dengan suara .Feast beberapa orang senang dengan itu dan tidak sabar dengan 'Masalah Masa Depan," kata Hindia.

 

Ngomong-ngomong, singel pertama dari Lagi Pula Hidup sejauh ini mendapat sambutan positif, termasuk 100.000 streaming di Spotify pada hari pertama rilis, dengan video musik yang mendapatkan 64.000 penayangan di YouTube. meskipun memiliki konten terbatas untuk orang dewasa saja.

 

Bagi Hindia, itu pertanda pendengarnya sudah siap menerima karya terbarunya tanpa harus terus menerus membandingkannya dengan Menari Dengan Bayangan, album debutnya yang fenomenal di tahun 2019. Banyak orang yang menerimanya dengan baik karena banyak yang suka dan tidak suka. album pertama tetapi sebagai 'Janji Palsu'.

 

Musiknya relatif mudah dicerna dan liriknya penting bagi banyak orang, sehingga kemungkinan besar "Masalah Masa Depan" akan mendapat tanggapan yang sama positifnya.

 

Tetapi bagi Hindia sendiri, ini bukanlah tujuan utama mereka dalam penciptaan. “Saya selalu menggunakan lagu-lagu HIndia ini sebagai proses untuk mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang saya inginkan, apa yang tidak saya inginkan, apa yang saya butuhkan atau tidak saya butuhkan,” ujarnya.

 


Diberdayakan oleh Blogger.