Header Ads

Festival Ramadhan Jazz 2023 Telah Usai Diselenggarakan, Sangat Apik Dari Tahun ke Tahun!

(Festival Ramadhan Jazz 2023 Telah Usai Diselenggarakan, Sangat Apik Dari Tahun ke Tahun! Foto:Press release RFJ 2023)


THE Jakarta PRIDE - Ramadhan Jazz Festival (RFJ) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011, setiap tahunnya acara ini selalu terselenggara dengan konsep dan tema yang berbeda. Sesuai dengan namanya, kembali ke bulan puasa.

 

Hal ini tercermin dalam desain panggung yang sangat baik, pencahayaan yang mencolok, dan suara yang lebih menyenangkan, meskipun kadang-kadang teredam atau para penampil mengalami masalah teknis.

 

Jumlah musisi yang tampil di hari pertama sebenarnya lebih sedikit. MALIQ & D'Essentials yang giliran membuka panggung mendapat sambutan yang antusias. Anggota yang selalu energik menutup penampilan dengan lagu “Pilihanku”.

 

Kemudian Nadin Amizah dan Gery Gany juga ikut meramaikan panggung. Duo R&B/soul Gery Gany meng-cover hits Indonesia. Tak lupa, cover single "Sesaat Kau Hadir" yang dirilis awal Desember 2022 berhasil masuk setlist.

 

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, tiba di hari pertama RJF. Karakter yang rutin menghadiri festival musik ini menyatakan dukungannya untuk festival tersebut dan bernyanyi dengan gembira di depan penonton.

 

Menjelang waktu yang ditentukan, Barry Likumahuwa Jazz Connection yang dipandu oleh Barry Likumahuwa naik ke panggung sekitar pukul 23.53 WIB. Sang bassis mengajak penyanyi solo Farrell Hilal untuk memainkan beberapa lagu, termasuk nomor "Nusaniwe".

 

Babak pertama hari itu diakhiri dengan aksi Rizky Febiani. Ia tampil di atas panggung mengenakan kemeja biru panjang dan kacamata hitam. Suara dari mikrofon menghilang begitu dia menyanyikan lagu pertama. Nomor lain seperti "Cuek" dan "Persempurungan Cinta" membuat penonton ikut bernyanyi.

 

Hari kedua Ramadan Jazz Festival lebih ramai dari hari pertama. Panggung yang selalu dimulai setelah shalat Tarawih ini dibuka oleh Lantun Orchestra. Kali ini mereka tampil bersama Brigitta Hardy membawakan lagu-lagu dari Bimbo antara lain "Tuhan" dan "Ada anak bertanya tentang ayah mereka".

 

Selain Lantun Orchestra, ada juga barisan Lalahuta, Gugun Blues Shelter dan Deredia. Momen yang tak terlupakan adalah ulah Ecoutez. Pasalnya, ini merupakan momen comeback penyanyi asal mereka Delia Septianti.

 

“Waktu saya di Ecoutez tidak sebentar. 7 tahun ya. Dan kami terpaut 12 tahun. Sejujurnya, saya tidak pernah berpikir untuk kembali. Ini mengejutkan saya pada awal bulan lalu, kata Delia.

 

Ecoutez membawakan total 4 lagu yaitu 'Are You Really the One', 'Believe', 'Save' dan single terakhir yang mereka rilis bersama Sheila Anandara tahun lalu berjudul 'Hai'.

 

RJF ditutup total oleh Teddy Adhitya dan Mahalini. Konfeti yang pecah saat Mahalini membawakan lagu terakhir "Sisa Rasa" menandai berakhirnya festival.

 

RJF secara konsisten menghadirkan cinta dan kedamaian dalam setiap acara, terlepas dari keyakinan mereka yang terlibat dan yang hadir. Tujuan persahabatan selama pemberian hadiah tetap pada tempatnya. Sampai jumpa tahun depan!


Diberdayakan oleh Blogger.